ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF EKONOMI PADA MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2709Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1.Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi sifat konsumtif pada mahasiswa,2. Dampak dari sifat konsumtif 3. Bagaimana agar mahasiswa dapat mengurangi sifat konsumtif . Metode yang kita gunakan untuk meneliti masalah ini yaitu dengan menggunakan metode kualitatif dengan mensurvey satu persatu mahasiswa yang menjadi obyek kajian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana perilaku konsumtif mahasiswa. Dari hasil survey yang kita lakukan diketahui mahasiswa khusus nya Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Palembang mereka bersifat konsumtif karena di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu 1. Sebagian Mahasisiwa ingin tampak berbeda dari yang lain sehingga menjadikan diri nya sebagai trend center di kampus,2. Kebanggaan karena penampilan dirinya yang selalu menggunakan pakaian ataupun barang-barang yang mewah akan membuat dirinya merasa bangga dan percaya diri,3. Ikut-ikutan dengan orang lain yaitu selalu memiliki barang-barang yang sedang terkenal seiring perkembangan zaman,4. Menarik perhatian orang lain. Perilaku konsumtif menggambarkan sesuatu yang tidak rasional dan bersifat kompulsif sehingga berdampak secara ekonomis menimbulkan pemborosan dan inefisiensi biaya , sedangkan secara psikologis menimbulkan sifat sombong,kecemasan rasa tidak aman dan terjadi kesenjangan social dengan teman saat dia selalu mengikuti trend dan brended. Untuk mengurangi sifat konsumtif ini diperlukan kesadaran dari masing-masing individu untuk mendahulukan kebutuhan dari pada keinginan dan dapat menghemat pengeluaran dan dalam hal ini pula orang tua harus memantau pengeluaran anak misalnya dengan menyuruhnya untuk mencatat setiap pengeluaran agar pengeluaran nya tersebut dapat di pertanggung jawabkan kemudian tidak memenuhi setiap keinginan anaknya untuk bermewah-mewah.
Kata kunci : Konsumtif, Kualitatif, Survey, Kompulsif, Inefisiensi.Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.